Prinsip Pembelajaran Kreatif di Kelas
Pembelajaran kreatif bisa dilakukan siapa saja. Pembelajaran kreatif senantiasa hadir pada kelas dimana kesiapan gurunya mengajar dan kesiapan muridnya belajar penuh alias keduanya saling mengisi dan bekerja sama. Dari sisi guru pembelajaran kreatif bisa dipandang menjadi dua hal. Ia bisa dipandang sebagai menambah beban pekerjaan, atau bisa juga dipandang sebagai sumber kepuasan sebagai seorang guru yang profesional. Berikut ini adalah prinsip yang saya selalu gunakan dalam menghadirkan pembelajaran di kelas.
- semangat menjelaskan konsep pada siswa boleh saja, namun yg terpenting aktivitasnya apa
- kelamaan menjelaskan cuma akan membuat murid bosan & anda akan cepat naik darah
- banyak guru frustasi karena muridnya tidak mau mendengar, sebenarnya mereka mau, asal jangan terlalu lama
- waktu menjelaskan konsep pd siswa, usahakan pd saat yg sama siswa juga melakukan kegiatan yg sama dgn anda
- dalam pembelajaran kreatif murid bisa dijadikan kelompok bisa juga tidak, tergantung keyakinan anda mana yang lebih efektif
- mengeluhkan siswa kurang motivasi boleh saja, namun tanya dulu “sudah kreatifkan saya?”
- pembelajaran kreatif mengandalkan perencanaan & kerja sama, guru tahu mesti katakan apa, murid tahu mesti lakukan apa
- biar siswa sudah punya alat seperti pensil, gunting dll, guru juga membawa sebagai cadangan jika ada siswa memerlukan pembelajaran kreatif
- kegiatan yang dilakukan punya alur, awal, tengah dan refleksi, siswa jadi tahu kapan mesti mulai & mengakhiri pembelajaran kreatif
- ukuran kreatif setiap guru beda-beda, ukuran yg sama ada pada siswa, sepanjang mereka tekun, anda kreatif pembelajaran kreatif
- siswa paling senang dgn kejutan, kejutkan mereka dgn kegiatan yg pasti bisa mereka lakukan & instruksi yg jelas pembelajaran kreatif
- Saat anak-anak masuk kelas, semua sudah tersedia, tugas mau apa sudah jelas dan guru siap berbagi lewat instruksi-instruksi
- Saat di kelas ia sudah menyiapkan segalanya, bahkan sebelum siswa nya hadir di kelas
- ciri lainnya dari pembelajaran kreatif guru masuk ke kelas dgn media pembelajaran, bisa yang mahal, bisa juga bikinan sendiri
- guru senang menjelaskan karena ia tahu setelah ini siswanya akan terlibat dengan aktivitas yang membuat mereka tertantang
- ciri pembelajaran kreatif siswa tekun mendengarkan, guru bergairah menjelaskan
Sumber : http://gurukreatif.wordpress.com/