Diklat Animasi 3D - TEDC Bandung (3 Dimensi)

Perkenalan Animasi 3 Dimensi
Widiaswara : Bpk. Sutandi, S.T, M.Pd.
Senin, 17 Sept 2012 [15.30 - 16.30]

Hal terpenting dalam belajar animasi maupun desain grafis untuk siswa khususnya adalah menggali potensi imajinasi anak didik kita, mereka harus kita latih untuk mempunyai daya imajinasi tinggi dan mampu berkreasi tanpa batas dan berani mencurahkan ide dan gagasan yang ada dalam pikiran mereka kedalam media baik kertas maupun media elektronik komputer. Hal ini penting karena tanpa imajinasi yang tinggi, niscaya kamampuan anak untuk mengembangkan ide dan kreatifitasnya akan menghasilkan karya yang minim kreatifitas.
Hal penting yang disampaikan beliau adalah ;
a. Biasakan dalam mempelajari Multimedia, siswa terbiasa dengan menggambar terlebih dahulu konsep maupun sketsa [Storyboard] melalui hasil gambar tangan/coretan tangan, hal ini melatih kelenturan dan kehalusan goresan tangan siswa agar terbiasa membuat sketsa sebelum membuat projek langsung melalui media komputer grafis.
b. Mulailah dengan menguji daya khayal anak dan kemampuan anak dalam menggambar dengan tangan, membuat sketsa
c. Dari hasil menggambar anak, kita dapat mengelompokan kemampuan anak lewat kemampuan imajinasi untuk selanjutnya digembleng lagi supaya lebih mahir.

d. Biasakan anak dilatih menangkap ide atau gagasan orang lain [konsumen], dengan cara melatih mereka untuk menangkap ide temannya. Simulasikan tiap anak satu kelas untuk melanjutkan menggambar dari sebuah titik dilanjutkan dengan teman lainnya sehingga menjadi sebuah objek yang mempunyai makna.

Pembelajaran sangat menarik dan kreatif yang disuguhkan oleh Bapak Sutandi membuka wawasan kita, perlunya menggali potensi anak dari hal-hal sederhana yang ada disekitar kita ... MANTAPS PAK TANDI ... Tks.
pelajaran lainnya dilanjutkan pertemuan berikutnya ...
0 Responses