Jadwal Mengajar Guru Multimedia 2012/2013
Pada tahun pelajaran 2012/2013 ini SMK Negeri 1 Banjar menerima 3 Kelas Multimedia untuk Kelas X, 2 Kelas Multimedia untuk Kelas XI dan 1 Kelas Multimedia untuk Kelas XII, adapun guru-guru yang mengajar produktif multimedia saat ini sebanyak 3 orang guru ; 1. Asep Indra, S.Kom ; 2. Risdiyan, S.Pd. ; 3. Suharyanto, S.Pd.
Biodata Pengajar Produktif Multimedia TP 2012/2013 dengan Standar Kompetensinya :
Biodata Pengajar Produktif Multimedia TP 2012/2013 dengan Standar Kompetensinya :
A. Nama : Asep Indra, S.Kom
NIP : 19741230 200902 1 002
Mengajar : Produktif Multimedia
1. XI M1/2 : Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi [@ 2 jam]
2. XI M1/2 : Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) [@ 3 jam]
3. XI M1/2 : Mulok Design Grafis [@ 2 jam]
4. XII MM : Menguasai cara menggambar clean up dan sisip [@2 jam]
5. XII MM : Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia [@ 6 jam]
6. XII MM : Membuat Storyboard aplikasi multimedia [@ 3 jam]
7. XII MM : Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya [@ 3 jam]
A. Nama : Risdiyan, S.Pd.
NIP : 19741230 200902 1 002
Mengajar : Produktif Multimedia
1. XI M1/2 : Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi [@ 2 jam]
2. XI M1/2 : Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) [@ 3 jam]
3. XI M1/2 : Mulok Design Grafis [@ 2 jam]
4. XII MM : Menguasai cara menggambar clean up dan sisip [@2 jam]
5. XII MM : Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia [@ 6 jam]
6. XII MM : Membuat Storyboard aplikasi multimedia [@ 3 jam]
7. XII MM : Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya [@ 3 jam]
A. Nama : Risdiyan, S.Pd.
Mengajar : Produktif Multimedia
1. X M1/2/3 : Merakit Personal Komputer (3)
2. X M1/2/3 : Dasar-dasar Multimedia (4)
a. Etimologi Multimedia (@ 1 jam)
b. Alir Proses Produksi (@ 1 jam)
c. Merawat Peralatan Multimedia (@ 2 jam)
a. Etimologi Multimedia (@ 1 jam)
b. Alir Proses Produksi (@ 1 jam)
c. Merawat Peralatan Multimedia (@ 2 jam)
3. X M1/2/3 : Menerapkan K3LH (@ 2 jam)
B. Nama : Suharyanto, S.Pd.
NIP : 19781225 200604 1 009
Mengajar : Produktif Multimedia & KKPI
XI M1/2 : Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain
komunikasi visual untuk multimedia (@ 2 jam)
komunikasi visual untuk multimedia (@ 2 jam)
Untuk uraian kompetensi dasar dari masing-masing Standar Kompetensi bisa lihat uraian dibawah ;
STANDART KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
|
1. Merakit personal komputer
|
1. Merencanakan kebutuhan dan
spesifikasi
2. Melakukan instalasi komponen PC
3. Melakukan keselamatan kerja dalam
merakit komputer
4. Mengatur komponen PC menggunakan software
(melalui bios dan aktifasi komponen sistem operasi)
5. Menyambung periferal menggunakan
software
6. Memeriksa hasil perakitan PC dan
pemasangan periferal
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
1. Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi
2. Melaksanakan instalasi software
sesuai installation manual
3. Mengecek hasil instalasi menggunakan
software( sampling)
4. Melakukan troubleshooting
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
3. Menerapkan kesela matan, kesehatan
kerja dan lingku ngan hidup (K3LH)
|
1. Mendeskripsikan K3
2. Melaksanakan prosedur K3
3. Menerapkan konsep lingkungan hidup
4. Menerapkan ketentuan pertolongan
pertama pada kecelakaan
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
|
1. Memahami etimologi multimedia
|
1. Mendeskripsikan tentang multimedia
2. Menjelaskan multimedia contct
production
3. Menjelaskan multimedia communication
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
2. Memahami alir proses produksi produk
multimedia
|
1. Menjelaskan proses pre production
multimedia
2. Menjelaskan proses production
multimedia
3. Menjelaskan proses post production
multimedia
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
3. Merawat peralatan multimedia
|
1. Menjelaskan langkah-langkah perawatan
multimedia
2. Melakukan perawatan peralatan
multimedia
3. Membuat kartu perawatan peralatan
multimedia
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
4. Mengelola isi halaman web
|
1. Memeriksa informasi untuk relevansi
dan currency
2. Memeriksa links dan navigasi
3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
5. Menerapkan teknik pengambilan
gambar produksi
|
1. Menjelaskan prosedur pengoperasian
kamera video
2. Mengoperasikan kamera video
3. Mengisi dan merawat battery selama
pengambilan gambar
4. Mengoperasikan kamera
5. Menata kabel-kabel kamera
6. Mengoperasikan clapper board
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni
grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
|
1. Menjelaskan estetika dan etika seni
grafis
2. Membuat sketsa
3. Menggambar perspektif
4. Menggambar objek
5. Menggambar ilustrasi
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
7. Menguasai cara menggambar kunci
untuk animasi
|
1. Menjelaskan syarat animasi
2. Membuat gambar kunci
3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
1. Mendeskripsikan gambar yang asli
2. Membuat gambar-gambar asli
3. Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
4. Membuat gambar tiga dimensi
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
1.
Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
2.
Membuat
model warna dan tempat warna
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
10. Menggabungkan teks ke dalam
sajian multimedia
|
1. Menggunakan
software teks multimedia
2. Mendesian
teks multimedia
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
11. Menggabungkan gambar 2D ke dalam
sajian multimedia
|
1. Mengedit gambar digital
2. Menggunakan software grafik
multimedia
3. Menciptakan desain grafik multimedia
2D
4. Menampilkan karya seni digital 2D
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
12. Menggabungkan fotografi digital
ke dalam sajian multimedia
|
1. Menggunakan kamera digital
2. Menggabungkan foto digital ke dalam
rangkaian multimedia
3. Menciptakan susunan karya seni foto
digital dan grafik 2D
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
13. Menggabungkan audio ke dalam
sajian multimedia
|
1. Menjabarkan format audio digital
2. Menggunakan software audio digital
3. Merancang audio digital
4. Membangun track audio digital
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
14. Membuat storyboard aplikasi
multimedia
|
1. Mengidentifikasi kebutuhan
2. Merencanakan alur isi storyboard
3. Mendeskripsikan proses pelaksanaan
dalam storyboard
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
15. Memahami cara penggunaan
peralatan tata cahaya
|
1. Menjelaskan dasar tata cahaya
2. Menjelaskan efek cahaya
3. Menyiapkan operasi lighting
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
16. Menerapkan efek khusus pada objek
produksi
|
1. Mengidentifikasi materi penunjang
efek khusus
2. Menginstalisasi software efek khusus
3. Membuat
efek khusus pada objek
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
17. Menyusun proposal penawaran
|
1. Menganalisa
syarat-syarat proyek
2. Mengidentifikasi
ketrampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
3. Membuat
rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
4. Membuat
proposal
5. Membuat
pengajuan permohonan tender
|
§
Jujur
§
Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
|
Berikut File Administrasi Multimedia yang bisa di download ;
http://www.4shared.com/rar/dANpFpAB/Struktur_Kurikulum_MM_1213-Wor.html
http://www.4shared.com/rar/ZtKRzoXj/Struktur_Kurikulum_MM_1213-XL.html
http://www.4shared.com/rar/48dKYvpa/Cover_KTSP.html
http://www.4shared.com/rar/x0vLmQVg/Silabus_Mulok_Desain_Grafis.html
http://www.4shared.com/rar/Py3NKsGm/Silabus_MM_1213_SMKN_1_Banjar.html
http://www.4shared.com/rar/rQaM20pX/ISI_KTSP_2012_SMKN_1_Banjar.html
http://www.4shared.com/rar/bPCzZRCG/Cover_Silabus_2012.html