Jadwal Mengajar Guru Multimedia 2012/2013

Pada tahun pelajaran 2012/2013 ini SMK Negeri 1 Banjar menerima 3 Kelas Multimedia untuk Kelas X, 2 Kelas Multimedia untuk Kelas XI dan 1 Kelas Multimedia untuk Kelas XII, adapun guru-guru yang mengajar produktif multimedia saat ini sebanyak 3 orang guru ; 1. Asep Indra, S.Kom ; 2. Risdiyan, S.Pd. ; 3. Suharyanto, S.Pd.
Biodata Pengajar Produktif Multimedia TP 2012/2013 dengan Standar Kompetensinya :
A. Nama      :  Asep Indra, S.Kom
     NIP          : 19741230 200902 1 002
     Mengajar :  Produktif Multimedia
      1. XI M1/2 : Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi  [@ 2 jam]
      2. XI M1/2 : Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) [@ 3 jam]
      3. XI M1/2 : Mulok Design Grafis   [@ 2 jam]
      4. XII MM  :  Menguasai cara menggambar clean up dan sisip  [@2 jam]
      5. XII MM  :  Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia  [@ 6 jam]
      6. XII MM  :  Membuat Storyboard aplikasi multimedia   [@ 3 jam]
                               7. XII MM  :  Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya [@ 3 jam]
              
A. Nama       : Risdiyan, S.Pd.
     NIP           : 19770117 200604 1 008
     Mengajar :  Produktif Multimedia
                1. X M1/2/3 : Merakit Personal Komputer (3)
                2. X M1/2/3 : Dasar-dasar Multimedia (4)
                          a. Etimologi Multimedia (@ 1 jam)
                          b. Alir Proses Produksi (@ 1 jam)
                          c. Merawat Peralatan Multimedia (@ 2 jam)
                3.  X M1/2/3 : Menerapkan K3LH (@ 2 jam)                     
   
B. Nama       : Suharyanto, S.Pd.  
     NIP           : 19781225  200604  1  009
     Mengajar :  Produktif Multimedia & KKPI
                XI M1/2 : Teknik Pengambilan Gambar Produksi  (@ 4 jam)
                XI M1/2 : Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain 
                                 komunikasi visual untuk multimedia  (@ 2 jam)        





Untuk uraian kompetensi dasar dari masing-masing Standar Kompetensi bisa lihat uraian dibawah ;

STANDART KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
1. Merakit personal komputer
1.  Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
2.  Melakukan instalasi komponen PC
3.  Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
4.  Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui bios dan aktifasi komponen sistem operasi)
5.  Menyambung periferal menggunakan software
6.  Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
2.  Melakukan instalasi sistem operasi dasar
1.  Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.  Melaksanakan instalasi software sesuai installation manual
3.  Mengecek hasil instalasi menggunakan software( sampling)
4.  Melakukan troubleshooting

§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
3. Menerapkan kesela matan, kesehatan kerja dan lingku ngan hidup (K3LH)
1.  Mendeskripsikan K3
2.  Melaksanakan prosedur K3
3.  Menerapkan konsep lingkungan hidup
4.  Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
1. Memahami etimologi multimedia
1.  Mendeskripsikan tentang multimedia
2.  Menjelaskan multimedia contct production
3.  Menjelaskan multimedia communication
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia
1.  Menjelaskan proses pre production multimedia
2.  Menjelaskan proses production multimedia
3.  Menjelaskan proses post production multimedia
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
3. Merawat peralatan multimedia
1.  Menjelaskan langkah-langkah perawatan multimedia
2.  Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.  Membuat kartu perawatan peralatan multimedia
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
4. Mengelola isi halaman web
1.  Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
2.  Memeriksa links dan navigasi
3.  Mengedit informasi sesuai kebutuhan
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
1.  Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
2.  Mengoperasikan kamera video
3.  Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
4.  Mengoperasikan kamera
5.  Menata kabel-kabel kamera
6.  Mengoperasikan clapper board
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
1.  Menjelaskan estetika dan etika seni grafis
2.  Membuat sketsa
3.  Menggambar perspektif
4.  Menggambar objek
5.  Menggambar ilustrasi
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
1.  Menjelaskan syarat animasi
2.  Membuat gambar kunci
3.  Mengatur dan melengkapi gambar kunci
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
1.  Mendeskripsikan gambar yang asli
2.  Membuat gambar-gambar asli
3.  Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
4.  Membuat gambar tiga dimensi
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
1.  Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
2.  Membuat model warna dan tempat warna
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
10. Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
1.  Menggunakan software teks multimedia
2.  Mendesian teks multimedia
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
11. Menggabungkan gambar 2D ke dalam sajian multimedia
1.  Mengedit gambar digital
2.  Menggunakan software grafik multimedia
3.  Menciptakan desain grafik multimedia 2D
4.  Menampilkan karya seni digital 2D
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
12. Menggabungkan fotografi digital ke dalam sajian multimedia
1.  Menggunakan kamera digital
2.  Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia
3.  Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
1.  Menjabarkan format audio digital
2.  Menggunakan software audio digital
3.  Merancang audio digital
4.  Membangun track audio digital
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
14. Membuat storyboard aplikasi multimedia
1.  Mengidentifikasi kebutuhan
2.  Merencanakan alur isi storyboard
3.  Mendeskripsikan proses pelaksanaan dalam storyboard
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
1.  Menjelaskan dasar tata cahaya
2.  Menjelaskan efek cahaya
3.  Menyiapkan operasi lighting
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
1.  Mengidentifikasi materi penunjang efek khusus
2.  Menginstalisasi software efek khusus
3.  Membuat efek khusus pada objek
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca
17. Menyusun proposal penawaran
1.  Menganalisa syarat-syarat proyek
2.  Mengidentifikasi ketrampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
3.  Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
4.  Membuat proposal
5.  Membuat pengajuan permohonan tender
§  Jujur
§  Kreatif
§  Rasa ingin tahu
§  Menghargai prestasi
§  Inovasi
§  Tanggung jawab
§  Komunikatif
§  Gemar Membaca

Berikut File Administrasi Multimedia yang bisa di download ;
http://www.4shared.com/rar/dANpFpAB/Struktur_Kurikulum_MM_1213-Wor.html
http://www.4shared.com/rar/ZtKRzoXj/Struktur_Kurikulum_MM_1213-XL.html
http://www.4shared.com/rar/48dKYvpa/Cover_KTSP.html
http://www.4shared.com/rar/x0vLmQVg/Silabus_Mulok_Desain_Grafis.html
http://www.4shared.com/rar/Py3NKsGm/Silabus_MM_1213_SMKN_1_Banjar.html
http://www.4shared.com/rar/rQaM20pX/ISI_KTSP_2012_SMKN_1_Banjar.html
http://www.4shared.com/rar/bPCzZRCG/Cover_Silabus_2012.html
0 Responses