Tips Menerapkan Ranah Afektif

Ranah afektif adalah  ranah kunci pada pembelajaran dalam kelas karena ranah ini menjadi jembatan penghubung proses kognitif  atau penalaran siswa dengan ke ranah keterampilan. Siswa akan mengerjakan sesuatu yang diyakininya baik untuk dikerjakan.Untuk memastikan penerapannya di kelas saya mencoba menyederhanakannya dengan menyusun panduan menggunakan kalimat interaktif dalam kelas agar mewakili setiap tingkatan dari ranah afektif.
Teknik sederhana yang saya gunakan dalam  mengembangkan interaksi afektif di kelas, sebagai berikut:
Receiving (Penerimaan) : Kesadaran untuk menerima keberadaan informasi baru dan memperhatikannya
  • Kalimat interaktif :
    • Oh, ada informasi baru ya?
    • Informasi mengenai apa ya?
Responding (Tanggapan) : Kesadaran untuk menyetujui atau tidak setuju
  • Kalimat Interaktif :
    • Ya, setuju, atau
    • Saya tidak setuju
Valuing (Penghargaan): Kesadaran untuk meningkatkan derajat persetujuan atau ketidaksetujuannya
  • Kalimat Interaktif :
    • Wah, bagus sekali, atau
    • Wah, jelek sekali
Organization (Pengorganisasian) : Kesadaran untuk berkontribusi atas persetujuan atau ketidaksetujuan.
  • Kalimat interaktif :
    • Penjelasannya sudah sempurna, atau
    • Saya bisa menambahkannya dengan… , atau
    • Saya bisa mengubahnya dengan…..
Characterization (Karekaterisasi) : Kesadaran untuk membangun sistem nilai atau keyakinan baru          .
  • Kalimat Interaktif :
    • Saya mau melakukannya dengan sungguh-sungguh
Dengan adanya beberapa kata kunci yang dinyatakan dalam kalimant seperti itu maka perilaku afektif siswa di kelas bisa diukur. Selanjutnya, guru bisa melakukan stimulus sesuai kebutuhan kelas agar eskalasi perilaku afektif siswa terjadi.
Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih

Tulisan: Anom Wiratmoyo
Sumber : gurupembaharu.com
0 Responses