Manfaat blog bagi pelajar
Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya
Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada
penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat
dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di
sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah
blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru.
Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada
penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat
dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di
sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah
blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru.
Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi
comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa
di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat
ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam.
Jadi
jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus
pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya.
Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak
akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya.
Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk
kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.
Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar danjika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus
pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya.
Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak
akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya.
Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk
kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.
uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah,
sehingga pihak guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerja mereka
sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa
sekolah.
Secara sederhana, kegiatan belajar dapat didefinisikan sebagai proses transfer ilmu dari pihak yang berilmu kepada pihak yang belum berilmu, sehingga pihak yang belum berilmu, setelah mendapatkan ilmu, dapat menelurkan ilmu baru yang lebih baik dari ilmu sebelumnya. Dalam hal ini, komunikasi menjadi variabel yang sangat penting karena ilmu, yang berupa informasi, hanya dapat disalurkan lewat selang-selang komunikasi.
Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan
-Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
-Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
-Relatif lebih hemat biaya
-Menembus ruang & waktu
-Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan
tidak tertulis)
-Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
-Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif
Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website.
Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca
cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog
editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa
dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon.
Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah
dipersiapkan secara offline.
Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi
Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin
berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah
produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan
poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah
produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis.
Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk
memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan
tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para
pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.
Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal
(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan
sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak
memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML.
Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog
dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik
dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah
background sesuai keinginan.
Apa itu blog?
Sebuah blog adalah penerbitan Web alat yang memungkinkan penulis untuk cepat dan mudah menerbitkan sendiri teks, karya seni, link ke blog lain atau situs Web, dan seluruh array konten lainnya.
Blog adalah set-up seperti situs web konvensional, dengan link navigasi, dan fitur standar lainnya situs Web. Sebuah blog adalah berbeda dari sebuah situs Web yang khas dalam bahwa konten utama terdiri dari hari posting. Posting blog adalah teks entri, mirip dengan buku harian atau jurnal, yang mencakup tanggal posting. Mereka termasuk komentar berikutnya dibuat oleh orang lain selain penulis. Postingan sering pendek dan sering diperbarui. Mereka muncul dalam urutan kronologis terbalik dan dapat mencakup entri diarsipkan.
Blog bekerja dengan baik bagi siswa karena mereka dapat bekerja di hampir setiap saat, di setiap tempat dengan komputer internet-enabled. Oleh karena itu, mereka dapat digunakan oleh guru untuk membuat kelas yang melampaui batas-batas dari halaman sekolah.
User-Friendly Teknologi
Blog adalah mengherankan mudah untuk digunakan. Mereka membutuhkan pengetahuan teknis minimum dan dengan cepat dan mudah dibuat dan dipelihara. Tidak seperti banyak situs web tradisional, mereka fleksibel dalam desain dan dapat diubah relatif mudah. Terbaik dari semua, siswa akan menemukan mereka nyaman dan diakses melalui komputer rumah atau perpustakaan.
Pendidikan Manfaat Blog
Selain menyediakan guru dengan alat yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan siswa, ada manfaat pendidikan berbagai blog. Blog adalah
User-Friendly Teknologi
Blog adalah mengherankan mudah untuk digunakan. Mereka membutuhkan pengetahuan teknis minimum dan dengan cepat dan mudah dibuat dan dipelihara. Tidak seperti banyak situs web tradisional, mereka fleksibel dalam desain dan dapat diubah relatif mudah. Terbaik dari semua, siswa akan menemukan mereka nyaman dan diakses melalui komputer rumah atau perpustakaan.
Pendidikan Manfaat Blog
Selain menyediakan guru dengan alat yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan siswa, ada manfaat pendidikan berbagai blog. Blog adalah
- memotivasi kepada siswa, terutama mereka yang dinyatakan tidak mungkin menjadi peserta di kelas
- peluang bagus bagi siswa untuk membaca dan menulis.
- forum yang efektif untuk kolaborasi dan diskusi.
- alat yang kuat untuk mengaktifkan scaffolded belajar atau mentoring terjadi.
Menggunakan Blog di dalam Kelas
Sebagai alat pendidikan, blog bisa diintegrasikan dengan cara multi-faceted untuk mengakomodasi semua peserta didik. Blog dapat melayani setidaknya empat fungsi dasar.
Sebagai alat pendidikan, blog bisa diintegrasikan dengan cara multi-faceted untuk mengakomodasi semua peserta didik. Blog dapat melayani setidaknya empat fungsi dasar.
- Manajemen Kelas
Blog kelas dapat berfungsi sebagai portal untuk mendorong sebuah komunitas pelajar. Karena mereka mudah untuk membuat dan memperbarui secara efisien, mereka dapat digunakan untuk menginformasikan siswa kelas persyaratan, handout pos, pemberitahuan, dan tugas pekerjaan rumah, atau bertindak sebagai pertanyaan dan papan menjawab.
- Kolaborasi
Blog menyediakan ruang di mana guru dan siswa dapat bekerja untuk lebih mengembangkan tulisan atau keterampilan lainnya dengan keuntungan dari penonton instan. Guru dapat menawarkan tips instruksional, dan siswa dapat berlatih dan manfaat dari peer review. Mereka juga membuat mentoring online mungkin. Sebagai contoh, sebuah kelas siswa yang lebih tua dapat membantu kelas siswa yang lebih muda mengembangkan kepercayaan diri yang lebih dalam keterampilan menulis mereka. Siswa juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran kooperatif yang mengharuskan mereka untuk temuan penelitian relay, ide, atau saran.
- Diskusi
Sebuah blog kelas membuka kesempatan bagi siswa untuk mendiskusikan topik-topik di luar kelas. Dengan blog, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbagi pikiran dan pendapat. Siswa memiliki waktu untuk bereaksi terhadap ide dan bercermin pada pelajaran. Guru juga dapat menyatukan sekelompok orang berpengetahuan yang diberikan untuk unit studi bagi siswa untuk jaringan dan konferensi dengan di blog.
- Portofolio Siswa
Blog ini, mengatur, dan melindungi karya siswa sebagai portofolio digital. Sebagai entri tua diarsipkan, keterampilan mengembangkan dan kemajuan dapat dianalisis lebih nyaman. Selain itu, sebagai siswa menyadari usaha mereka akan dipublikasikan, mereka biasanya lebih termotivasi untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik. Guru dan rekan-rekan dapat konferensi dengan siswa secara individual pada sebuah karya berkembang, dan pakar atau saran rekan mentoring dapat dengan mudah disimpan untuk referensi di masa mendatang.
Risiko terhadap Pertimbangkan blog
Kabupaten sekolah memiliki pedoman dan kebijakan penggunaan diterima (AUP) mengenai penggunaan sekolah dan divisi-lebar jaringan komputer dan Internet. Syarat dan ketentuan mengidentifikasi perilaku online diterima dan hak akses. Kebijakan mengenai menampilkan dari setiap pekerjaan siswa harus ditaati ketat. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan izin orang tua sebelum menggunakan blog secara partisipatif.
Blog dapat dilihat publik, karena setiap situs Web lain. Siswa harus dilatih pada isu-isu tentang akses, privasi, keamanan, dan kebebasan berekspresi. Sebagai blog tidak memiliki penerbit, produser, atau editor, siswa harus hati-hati mempertimbangkan isi posting untuk menghindari apa pun memfitnah, memfitnah, atau melanggar atas hak orang lain.
Blog yang dibuat oleh individu untuk berbagai keperluan dan berbagai macam. Konten harus diakui sebagai pendapat dari blogger, dan, karenanya, belum tentu faktual.
Mempersiapkan Mahasiswa untuk Blogging
Kabupaten sekolah memiliki pedoman dan kebijakan penggunaan diterima (AUP) mengenai penggunaan sekolah dan divisi-lebar jaringan komputer dan Internet. Syarat dan ketentuan mengidentifikasi perilaku online diterima dan hak akses. Kebijakan mengenai menampilkan dari setiap pekerjaan siswa harus ditaati ketat. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan izin orang tua sebelum menggunakan blog secara partisipatif.
Blog dapat dilihat publik, karena setiap situs Web lain. Siswa harus dilatih pada isu-isu tentang akses, privasi, keamanan, dan kebebasan berekspresi. Sebagai blog tidak memiliki penerbit, produser, atau editor, siswa harus hati-hati mempertimbangkan isi posting untuk menghindari apa pun memfitnah, memfitnah, atau melanggar atas hak orang lain.
Blog yang dibuat oleh individu untuk berbagai keperluan dan berbagai macam. Konten harus diakui sebagai pendapat dari blogger, dan, karenanya, belum tentu faktual.
Mempersiapkan Mahasiswa untuk Blogging
- Menentukan bahwa AUPs semua siswa 'berada di tempat dan up to date.
- Menginformasikan orang tua prosedur dan izin orang tua aman.
- Mengajar siswa perilaku yang aman, diterima, dan masuk akal sebagai penulis online dan pembaca.
- Tinjauan kebijakan dan pedoman yang berkaitan dengan akses siswa.
- Ajarkan non-posting aturan ada nama lengkap, e-mail account, atau referensi untuk mengungkapkan lokasi.
- Menetapkan harapan yang jelas mengenai nada, rasa hormat, dan konsekuensi.
Langkah untuk Memulai di Blog
Ada sejumlah alat blogging gratis yang tersedia.
Ada sejumlah alat blogging gratis yang tersedia.
- Pergi ke salah satu situs blog yang tersedia gratis ( Blogger di www.blogger.com adalah salah satu yang sangat populer).
- Menyediakan informasi yang diperlukan diminta. (Nama pengguna, kata sandi)
- Buat judul untuk blog Anda.
- Terima Syarat dan pilih template.
- Publikasikan!
http://jiwaraga1.blogspot.com